Pengumuman Lolos Tahap Seleksi Administrasi Calon Anggota Komnas Perempuan Periode 2020-2024

19 August 2019 | Reporter - Komnas Perempuan
Deskripi foto

Pansel Komnas Perempuan

Siaran Pers

 

DARI 138 PENDAFTAR, 132 LOLOS SELEKSI ADMINISTRASI KOMISIONER KOMNAS PEREMPUAN 2020-2024

 

Jakarta, 19 Agustus 2019 – Sebanyak 132 dari total 138 pendaftar lolos seleksi administrasi calon Komisioner Komnas Perempuan periode 2020-2024.

 

Ketua Panitia seleksi Komisioner Komnas Perempuan Usman Hamid mengatakan bahwa mereka yang lolos seleksi administrasi berasal dari berbagai wilayah di Indonesia serta memiliki karakteristik beragam dari sisi latar belakang, usia maupun profesi.

 

“Pansel menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat khususnya kepada para pendaftar yang telah menyatakan minatnya. Kami tak menduga akan sebanyak ini jumlah pendaftar seleksi Komisioner Komnas Perempuan untuk periode 2020-2024. Rata-rata mereka lolos seleksi administrasi. Sekali lagi kami mengapresiasi minat dan kerja keras mereka menyiapkan berkas administrasi yang disyaratkan,” kata Usman.

 

Banyak dari pendaftar berdomisili di pulau Jawa, dari Depok, Bogor, Serang, Banten, Bandung, Yogyakarta, Brebes, Sleman, Kediri, Blitar, Pemalang hingga Surabaya dan Malang. Namun, tak sedikit yang berasal dari wilayah luar jawa seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Bali, Nusa Tenggara hingga Papua.

 

Dari segi profesi, mereka berasal dari aktivis organisasi non pemerintah, pekerja sosial, advokat, akademisi, guru, buruh, jurnalis, para pemuka keagamaan, wiraswasta, birokrat hingga sejumlah petahana dan pekerja Komnas Perempuan.

 

 “Mungkin ini adalah jumlah tertinggi apabila dibandingkan jumlah peminat yang lolos seleksi administrasi pada seleksi periode terdahulu. Tentunya ini adalah pertanda baik betapa pentingnya peran lembaga ini di mata publik khususnya dalam upaya untuk menghapus segala bentuk kekerasan dan diskriminasi berbasis jender khususnya terhadap kaum perempuan,” tambah Usman.

 

Untuk proses selanjutnya, Pansel akan melakukan seleksi terhadap 132 orang tersebut berdasarkan beberapa indikator penilaian, antara lain dari makalah yang mereka tuliskan, referensi dan juga riwayat hidup mereka dalam pemajuan kesetaraan jender dan perlindungan kaum perempuan.

 

“Kami juga akan memilih 50 yang terbaik untuk persiapan Uji Publik. Hasilnya akan kami sampaikan secara bertahap dan juga terbuka kepada masyarakat”, kata Usman.

 

Humas Pansel:

Ahmad “Alex” Junaidi +62 812 8137239

 

Share

Berita Terkait