Undangan Media Briefing “HOAX tentang RUU Penghapusan Kekerasan Seksual” (Rabu/ 6 Februari 2019)

04 February 2019 | Reporter - Komnas Perempuan
Deskripi foto

Jakarta, 04 Februari 2019

Nomor    : 010/KNAKTP/Parmas/II/2019
Perihal    :Undangan Media Briefing “HOAX tentang RUU Penghapusan Kekerasan Seksual”

Kepada Yth.
Pimpinan Media/ Redaksi  
Di Tempat

Dengan Hormat,
Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) merupakan satu dari tiga Lembaga HAM Nasional di Indonesia. Komnas Perempuan memiliki mandat meningkatkan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan serta perlindungan, penegakan dan pemajuan HAM perempuan.

Pada tanggal 8 Desember 2018 Gerakan Masyarakat Sipil mengadakan Pawai Akbar yang terdiri dari124 organisasi perempuan seluruh Indonesia yang diantaranya adalah organisasi pendamping korban kekerasan terhadap perempuan. Desakan Pawai Akbar yang menghadirkan hampir 2000 massa tersebut berhasil membangun dialog dengan DPR-RI dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak untuk membahas dan mengesahkan RUU tersebut, sebagai komitmen politik mereka untuk Sidang tahun 2019 ini.

  1. Pesan-pesan secara sistematis dan meluas bahwa RUU P-KS menyarankan perzinahan atau free sex, dan pesan-pesan negatif lainnya yang membuat kesalahpahaman masyarakat terhadap substansi dari RUU tersebut;
  2. Pesan-pesan negatif yang mengakibatkan tajamnya pro-kontra di masyarakat dan tidak berujung pada penyelesaian;
  3. Pesan-pesan negatif yang beredar tanpa konfirmasi dan dialog sehat yang memancing pada ujaran kebencian dan fitnah dan menjadi viral di sosial media.

Menyikapi situasi tersebut, Komnas Perempuan sebagai Lembaga Negara yang memiliki kewenangan membangun situasi kondusif dan mencegah kekerasan terhadap perempuan merasa perlu melakukan media briefing yang akan memberikan penjelasan  dan tanya jawab seputar penyebaran pesan atau informasi negatif tersebut. Oleh karena itu kami mengundang media untuk hadir pada:

Hari/ Tanggal    :  Rabu / 6 Februari 2019
Pukul               : 15.00 WIB - Selesai
Tempat            : Komnas Perempuan.  JL Latuharhari 4B. Jakarta. Indonesia. 10310

Atas kesediaan dan kerjasamanya yang baik kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Mariana Amiruddin
Komisioner-Ketua SubKomisi Partisipasi Masyarakat

Link unduh dokumen : https://drive.google.com/file/d/1iGXRK00DjVlvdTOvKXJxfrtZiQOhoZCu/view?usp=sharing

 

Share

Berita Terkait