Undangan Liputan Media: “Refleksi 20 Tahun Upaya Penghapusan Kekerasan dan Diskriminasi terhadap Perempuan di Indonesia” (20 Tahun Komnas Perempuan)

25 October 2018 | Reporter - Komnas Perempuan
Deskripi foto

Nomor    : 024/KNAKTP/PARMAS/X/2018   

Hal         :  Undangan Liputan Media: “Refleksi 20 Tahun Upaya Penghapusan Kekerasan dan Diskriminasi terhadap Perempuan di Indonesia” (20  Tahun Komnas Perempuan)

Kepada Yth.
Bapak/ Ibu Pimpinan Media
Di tempat

Dengan hormat,
Pada bulan Oktober Tahun 1998, Presiden Republik Indonesia, kala itu B.J Habibie memutuskan untuk mendirikan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan), sebagai respon terhadap tuntutan masyarakat agar pemerintah proaktif terhadap penghentian segala bentuk kekerasan terhadap seluruh perempuan di Indonesia, termasuk kasus kekerasan seksual pada Tragedi Mei 1998. Komnas Perempuan yang didirikan atas dasar Surat Keputusan Presiden RI No. 181 Tahun 1998 ini, adalah lembaga pertama yang dibentuk negara paska Reformasi, dan Surat Keputusan Presiden RI No. 181 Tahun 1998 adalah kebijakan pertama yang dikeluarkan negara untuk menyikapi persoalan kekerasan terhadap perempuan, setelah Reformasi.

Tahun 2018,  momentum 20 Tahun perjalanan Reformasi yang telah dilalui bangsa Indonesia. Meski sejarah minim menuliskan, namun tidak dapat dipungkiri persoalan kekerasan terhadap perempuan telah berkontribusi kuat pada upaya mendorong terjadinya Reformasi di Indonesia. Sebagai putri sulung Reformasi, Komnas Perempuan memandang momentum 20 Tahun Reformasi sekaligus 20 Tahun kelahiran Komnas Perempuan, adalah tonggak penting untuk merefleksikan seluruh upaya yang telah dilakukan oleh negara, masyarakat dan juga lembaga HAM dalam memajukan, memenuhi dan melindungi HAM Perempuan, khususnya penghapusan kekerasan dan diskriminasi terhadap perempuan. Oleh karena itu, Komnas Perempuan mengundang rekan media agar berkenan hadir dan meliput dalam kegiatan “Refleksi 20 Tahun Upaya Penghapusan Kekerasan dan Diskriminasi terhadap Perempuan di Indonesia” (20 Tahun Komnas Perempuan). Adapun kegiatan ini akan diselenggarakan pada:

Hari/ Tanggal          : Rabu, 31 Oktober 2018

Waktu dan Tempat   :

  1. Hotel Sari Pacific ( Jl. M.H. Thamrin No. 6, Menteng, Jakarta)
    • 08.00-10.00 WIB: Pembukaan, Lagu Indonesia Raya, Sambutan Ketua Komnas Perempuan, Keynote Speech, Doa Lintas Agama
    • 14.00-16.00 WIB: Tribute untuk Perempuan Pembela HAM dan Penyampaian Resolusi 20 Tahun Reformasi
  2. Komnas Perempuan (JL Latuharhari 4B. Jakarta.Indonesia)
    • 18.00- 21.00 WIB: Malam refleksi oleh Prof. Dr. Maria Farida Indrati, Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, Usman Hamid dan penampilan oleh SIMPONI   

Kehadiran media sangat penting bagi kami. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

 

Hormat Kami,

Mariana Amiruddin
Komisioner-Ketua Sub Komisi Partisipasi Masyarakat

 

Link unduh dokumen :

Undangan Liputan Media 20 Tahun Komnas Perempuan (Rabu, 31 Oktober 2018)

Kerangka Acuan Kegiatan 20 Tahun Komnas Perempuan (Rabu, 31 Oktober 2018)

 

 

Share

Berita Terkait