Melanjutkan Kerjasama Komnas Perempuan bersama Lemhanas RI untuk Pengetahuan Perempuan

04 December 2019 | Reporter - Komnas Perempuan
Deskripi foto

Melanjutkan Kerjasama Komnas Perempuan bersama Lemhanas RI untuk Pengetahuan Perempuan

Hari ini (03/12/19), Komisi Nasional Anti KekerasanterhadapPerempuan (KomnasPerempuan) bersama Lembaga Ketahanan Nasional RI (Lemhanas RI) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama untuk pengkajian strategik isu perempuan dalam rangka menindak lanjuti Nota Kesepahaman Nomor:NK/06/X/2018 danNomor05/KNAKTP/MOU/X/2018 yang ditandatanganiolehGubernurLemhanas RI bersamaKetuaKomnasPerempuanpadatanggal15 Oktobertahun lalu.Ketua Komnas Perempuan, Ibu Azriana dalam sambutannya menyampaikan fakta bahwa mayoritas korban perempuan berada pada usia produktif sehingga kerja pengkajian strategik merupakan langkah penting dalam mendalami kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan. Harapannya, kerjasama ini dapat berlangsung lancar dan setara.

Kerjasama ini akan dilakukan dalam bentuk tiga kegiatan diantaranya 1) Kajian Strategik Quick Respon; 2) Kajian Strategik Jangka Menengah;dan 3) Penyelenggaraan Women Geopolitical Forum. Kerjasama ini menjadi salah satu langkah strategi bersama kedua lembaga untuk saling menguatkan dan bahu membahu untuk mewujudkan situasi kondusif bagi pemenuhan hak asasi manusia perempuan Indonesia. 

 Hal ini sejalan dengan pidato Deputi Pengkajian Strategik Lemhanas RI, Ibu Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni M.P yang menyampaikan kerjasama hari ini merupakan kelanjutan dari kerjasama sebelumnya yang memiliki niat baik untuk perempuan Indonesia agar mendapatkan pengetahuan yang baik. Terlebih kedepan di tahun 2020, Lemhanas akan mengadakan women geopolitical forum. Tambahnya lagi, perjanjian kerjasama ini juga upaya dari Lemhanas agar pengkajian terhadap perempuan dapat dikupas lebih dalam dan tajam. Tentu hasilnya nanti akan menjadi masukan bagi Presiden.

Selanjutnya sesi penandatanganan dilakukan oleh kedua belah pihak dan ditutup dengan sambutan Ketua Gugus Kerja Perempuan dalam Konstitusi dan Hukum Nasional, Ibu Riri Khariroh yang mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan semua pihak yang menyukseskan acara penandatanganan perjanjian kerjasama ini baik dari Lemhanas RI dan Komnas Perempuan sehingga acara hari ini berjalan dengan baik dan lancar.

Share

Berita Terkait